Rabu, 22 Maret 2017

Kesalahan 102 Transaksi Tidak Dapat Diproses Silahkan Cek Pulsa Simcard Anda

Assalamualaikum, 
baik, siang ini saya mau cerita tentang pengalamanku aktivasi Internet Banking BRI dengan berbagai kendalanya.

jadi, untuk aktivasi I-banking atau M-banking, kita harus datang ke KCP BRI terdekat dengan membawa Hp smartphone (Pulsa OKE, koneksi internet OKE) dan sudah download aplikasi BRI mobile di playstore, membawa kartu ATM, Kemudian membawa fotokopi(atau asli untuk jaga-jaga) KTP dan buku tabungan. dan silakan registrasi melalui CS bank.

kalau di pengalaman saya ini, ini sudah ke DUA kali nya ID user I-banking saya terblokir, jadi harus di blokir dan registrasi ulang deh. ckckckck... yang pertama karena saya lupa pasword (karena udh lama ngga login ke BRI mobile nya) dan kedua tiba-tiba ID user saya terblokir entah kenapa. kemudian saya menelpon BRI pusat di 14017. Kata CS nya, ID User saya terblokir karena sudah lebih dari 40 hari saya tidak pernah mengakses BRI mobile saya. Gitu yaa... hmmmm....

and Then, di kali kedua nya BRI mobile saya terblokir ini, saya kembali aktivasi dengan membawa seperangkat syarat buat aktivasinya dan, yup, kata mba CS nya sudah bisa. Kemudian saya langsung aktivasi lewat aplikasi nya. disini masalahnya terjadi......

saya login ke Website ib.bri.co.id dan disana ada kode kesalahan BBR2015. katanya saya belum aktivasi mToken, hmmm.... padahal tadi sudah. apa pula ini? jadi saya kembali telpon 14017 (huhuhuhuhu ini nelpon super duper boros pulsa apalagi kan isinya percakapan yg lumayan panjang). dan CS BRI di telpon menjelaskan bahwa saya harus aktivasi mToken lagi karena mToken hanya bisa digunakan kurang dari 5 menit. Dan buka website ib.bri.co.id nya harus lewat PC alias Komputer di menu layanan Nasabah. ikuti perintahnyaaaa dan well done! 

oh iya, saat kita sudah registrasi mToken di website, tetap di menu Layanan Nasabah, kita pilih daftar IBanking. dan kita akan dikirim link download aplikasi BRI Mobile (.APK). nah, karena ini subaplikasi nya dari luar source, pastikan juga di PENGATURAN handphone, SECURITY, switch UNKNOWN SOURCES (Aplikasi tidak di kenal). pastikan koneksi internet HP bukan dari wifi dan ada pulsa. baru deh aplikasi bisa dijalankan. Itu yang ada dipikiran saya....  


Ketika saya masuk ke aplikasi dan memasukkan User ID dan Password, jeng jeng! Kesalahan 102.
Transaksi Tidak Dapat Diproses Silahkan Cek Pulsa Simcard Anda.

PADAHAL pulsa cukup kok dan internet stabil. dan ternyata masalah ini terjadi karena Hanphone saya (LENOVO A7000+) dual sim, jadiiiiii.... pastikan juga di bagian PENGATURAN, SIM MANAGEMENT, di DEFAULT SIM SETTING (Pengaturan SIM default) di bagian Pesan/ Messaging kita harus memilih Simcard yang nomornya telah kita daftarkan, bukan always ask. setelah pengaturan SMS nya saya ubah, dan kembali login di aplikasi, barulah aplikasi dapat dijalankan dengan mulus.

oke, begitulah kejadian hari ini. semoga bisa jd pencerahan bagi readers. memang buat aktivasi mbanking atau ibanking rada riweh. tapi tetap sabar yaa daripada kudu bolak balik ke ATM atau kalau tengah malam harus tranfer tapi ATM pada tutup kan lebih riweh. oke selamat mencoba.

wassalamualaikum.

nb. maaf penjelasan tidak disertai foto. lupa mau screenshot hp. LOL

31 komentar:

  1. terima kasih. sangat membantu

    BalasHapus

  2. Trims penjelasannya, skarang aktiv lg

    BalasHapus
  3. Sama sama. Terimakasih sudah mampir :)

    BalasHapus
  4. Sangat membantu terima kasih,sekarang bisa aktif lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilllah. terimakasih sudah mampir :)

      Hapus
  5. Terimakasih, sangat membantu sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah... terimakasih sudah mampir :)

      Hapus
  6. Selamat pagi ...
    Sy nasabah BRI cabang sanggau mau menanyakan tentang BRI mobile banking.
    Udah seminggu ini BRI mobile banking sy bermasalah, udah registrasi ulang bbrapa kali dan pindah no bbrapa kali serta tukar simcard bbrapa kali karna Android sy dual simcard tp slalu muncul "transaksi gagal, mohon cek pulsa simcard dan jaringan anda" sedangkan pulsa sy masih ada dan jaringan full..
    Yg aneh nya di ulang di sms manual bisa...
    Begitu pula Internet banking slalu muncul "102-mohon cek pulsa simcard dan jaringan anda"
    Mohon bantuannya agar sy bisa kembali mudah bertransaksi via mobile banking...
    Utk pengaturan dual sim sudah sy atur sim yg terdaftar mobile banking, aplikasi sudah sy slalu izinkan tp masih kendala yg sama.. Mohon pencerahan nya gan... Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam, maaf baru baca comment sdr. sepertinya masalahnya kurang lebih sama seperti yang saya sebutkan diatas. hanya saja agan blm berhasil ya. sejujurnya beberapa minggu ini i-banking saya juga tiba tiba terblokir padahal saya tidak pernah salah memasukkan password. adaaaa saja kendala untuk bisa mengakses BRI i-banking dengan tenang dan nyaman tanpa gangguan. jd saya memutuskan untuk tidak aktivasi ulang.

      saya pernah mengalami mesalah sprti agan dan saya coba dari awal lagi, seperti uninstall app nya dll. coba pastikan lg jaringan internet, no untuk sms dan call semua di setting di nomor yang sama dengan yg terdaftar di bri banking. kalau masih mengesalkan tidak bisa juga setelah dicoba beberapa kali dengan beberapa cara, mungkin bisa konsultasi langsung dengan CS bri-banking nya atau telfon BRI centernya (untuk memudahkan beberapa pertanyaan ditulis dulu).

      maaf ngga bisa banyak membantu tp semoga agan bisa bertransaksi kembali dengan bri i-banking nya ya....

      Hapus
    2. Ini ad beberapa kasus gan..kasus pertama kalo dual sim kemungkinan karna seperti yg di jelasin agan diatas sana itu...

      Tp ada kasus lain yaitu jika single sim tp mengalami hal tersebut...kemungkinan itu karna belum diset nomor sms center operatornya gan...
      Masuk aja ke setting sms..cari pusat layanan sms...isi dengan...
      3: 6289644000001
      As: 6281100000
      Axis: 628315000031 atau 628315000032
      Indosat M3: 62855000000
      Indosat Mentari: 62816124, 62816125, 62816126, 62816127 atau 62816128
      Simpati: 6281100000
      Smartfren: 628811223344
      XL: 62818445009 atau 628184450095

      Sesuai operator sim yg dipake unt sms gan..

      Hapus
    3. Terimakasih sekali ini sangat bermanfaat infonya kasus saya sperti itu.

      Hapus
  7. Alhamdulillah... Trimakasih kak...

    BalasHapus
  8. Untuk di henpone xiomi masih muncul 102 jugak kak.. bisa bantu kak..

    BalasHapus
  9. Terimakasih info nya... Sangat membantu sekali.

    BalasHapus
  10. maaf kak bisa dibantu hp saya xiaomi sudah saya coba cara 1 cara 2 kok masih tidak bisa ya..

    BalasHapus
  11. Trimakasih,, sangat membantu, akhirnya bisa juga.

    BalasHapus
  12. Siang mbak @arni13, hp sy Lenovo A6010 ud cb caranya mbak. jg sy cek sarannya mz @Ega Dejavu, tpi kok semuanya ngga bisa knp ya?

    BalasHapus
  13. saya bolak balik ganti hp kok aktivasi bri mobile lancar lancar aja ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana caranya gan? Saya aktivasi ulang di hp yg sama tetap tidak bisa? Kenapa yah ?

      Hapus
  14. Terima kasih admin , sekarang saya sudah bisa mengaplikasikan IB Bri ,, sangat membantu

    BalasHapus
  15. gmna cara ngatur pngturan smsnya klo saya pkek hp samsung a8+??

    BalasHapus
  16. Wah terima kasih banyak udah share. Membantu sekali.

    BalasHapus
  17. Hp saya zenfom m1pro,sudah saya matikan SIM ke2 nya,jadi hanya menggunakan 1sim tapi kenapa gak bisa2 login ya selalu 102 pulsa simcard tidak mencukupi,Tolong bantuan nya .mksh

    BalasHapus
  18. Kasus saya sama... Buat samsung a6 susah aktivasi gagal terus 102

    BalasHapus
  19. Hp saya Vivo Y53 , saya pasang 1 simcard saja , tetapi tetap gagal trus mau Aktivasi , gimana ya , ada yg bisa kasih saran . Terimaksih

    BalasHapus
  20. Terimakasih min.. sangat membantu sekali.. kejadian sama seperti punya saya.. hp juga lenovo a7000+... Sekali lagi terima kasih....

    BalasHapus